FUNGSI BATERAI PADA GENSET

Baterai atau yang biasa disebut Aki yaitu akumulator yang dikenal sebagai alat yang dapat menyimpan energi. Jelasnya, aki adalah alat yang menyimpan listrik dalan bentuk energi kimia dan dapat mengeluarkan listrik tersebut ketika diperlukan. Ketika melepas listrik maka baterai tersebut akan mengubah energi kimia menjadi energi listrik.

Komponen yang dimaksud merupakan elemen elektrokimia yang digolongkan sebagai sebuah sel atau elemen sekunder, yang mana itu dapat mempengaruhi zat pereaksinya. Lalu output yang dihasilkan saat melepaskan listrik adalah arus searah (DC). Aki akan menyuplai daya ke masing-masing komponen pada sistem kelistrikan genset, karena sifatnya penyimpanan sementara, maka ketika terus mengalirkan listrik, maka tentu baterai tersebut tentunya bisa habis.

Kenyataannya, komponen sebenarnya yang punya peran membangkitkan energi listrik dan juga sebagai penyuplai listrik untuk mengiso aki adalah alternator. Listrik yang diterima dari alternator akan disimpan oleh aki dalam bentuk energi kimia. Sementara siklus pengisian dan pengosongan ini terjadi berulang kali dan terus menerus selama mesin genset menyala.

Nah aki menggunakan lempeng oksida sebagai kutub positif dan lempeng timbal sebagai kutub negatifnya, sedangkan untuk larutan elektrolit biasa menggunakan larutan asam sulfat. Ketika dipakai maka ia akan mengalirkan listrik yang menyebabkan reaksi kimia yang membuat elektron di dalamnya dilepas ke luar.

Masalah Yang Terjadi Jika Baterai Genset Mati

Tentunya ada banyak penyebab baterai atau Aki pada Genset mati, seperti memang sering digunakan, lama tidak dipakai Aki soak, dan lain sebagainya. Nah lalu apa saja yang terjadi jika baterai atau aki pada genset mati? Yang terjadi adalah sebagai berikut :

  • Genset stater tidak bisa dinyalakan, karena seperti yang kita tau, starter pada genset digunakan unruk menyalakan genset dengan mudah, sehingga tanpa itu maka starter genset tidak berfungsi. Lalu untuk menyalakan genset, maka dibutuhkanlah cara manual.
  • Panel indikator genset tentunya membutuhkan tenaga listrik yang ada pada baterai genset, sehingga baterai yang mati jelas akan membuat panel indikator tersebut tidak menyala. Tentunya hal tersebut akan membuat user genset bingung, seperti informasi dari bahan bakar genset dan lain sebagainya.
  • Baterai atau aki pada genset pada umumnya memiliki kegunaan yang sama dengan yang ada pada mesin kendaraan. Oleh karena itu jika baterai tersebut mati, maka genset tidak akan bisa menyalakan fuel pum, begitu juga dengan suplai arus listrik kepada komponen apapun pada genset yang memang membutuhkan tenaga listrik.

Itulah pemahaman mengenai baterai genset dan juga masalah yang terjadi jika baterai pada genset mati. Kiranya bisa jadi manfaat untuk anda semuanya, yang mana berguna untuk memahami baterai pada genset yang tidak boleh dibiarkan mati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *