Apa Saja Yang Menyebabkan Genset Over Speed dan Cara Mengatasinya

Ada berbagai masalah yang dapat terjadi pada generator, salah satunya adalah putaran mesin genset yang berlebihan atau umum yang disebut generatir “over speed” Genset menghasilkan listrik dengan prinsip induksi magnetik, dan generator menghasilkan listrik menggunakan putaran dari penggerak dan salah satu penggerak yang digunakan adalah mesin diesel, untuk menghasilkan tegangan tertentu umumnya voltase yang dihasilkan generator yang dihasilkan adalah 38volt/22volt, biasanya mesin generator akan berputar dengan kecepatan normal 1500 rpm. Dan agar tegangan output tetap stabil, putaran mesin genset juga harus stabil dengan toleransi kurang lebih 5%, dengan kata lain mesin genset berputar masih dalam batas toleransi jika turun sebesar 5% (minimal 1425 rpm), atau sebaliknya hingga maksimum 5% (maksimum 1575 rpm).

Berikut beberapa penyebab genset over speed dan cara memperbaikinya :

  1. Kebocoran pada aktuator kontrol bahan bakar
    Penyebab utama kelebihan kecepatan pada mesin generator adalah pasokan bahan bakar berlebihan dan salah satu komponen utama yang berfungsi untuk menyesuaikan pasokan bahan bakar pada mesin generator adalah akuator kontrol bahan bakar

    Jika aktuator bocor, bahan bakar akan mengalir dengan jumlah yang melebihi ketentuan dan itu akan menyebabkan putaran mesin berlebih.

    Bagaimana memperbaikinya?
    Ketika ada masalah pada kecepatan di mesin generator, lakukan pemerikasaan pada aktuator bahan bakar, jika kondisinya ditemukan keausan, bahan bakar masih mengalir meskipun aktuator ditutup, maka aktuator bahan bakar lama harus diganti.
  2. Masalah di MPU
    MPU (Magnetik Pick Up) adalah kompinen yang ada di mesin pembangkit yang berfungsi sebagai sensosr pengukur keceoatan putaran mesin. Masalah yang mungkin terjadi dan dapat menyebabkan over speed adalah MPU kotor, jarak pemasangan tidak sesuai, atau MPU rusak.

    Bagaimana memperbaikinya ?
    Buka dan periksa kondisi MPU, lakukan pembersihan di ujung sensor, lalu pasang kembali dengan jarak yang tepat (pasang MPU pada threadhole, smpai tersangkut di fly wheel, lalu longgarkan sebanyak 1/4 putaran untuk memberikan jarak sensor dengan fly wheel).
  3. Governor Rusak
    Generator set, biasanya dilengkapi dengan governor atau bosa juga disebut kontrol bahan bakar elektronik, yang memiliki fungsi sebagai sistem regulasi bahan bakar, jika setelah aktuator dan kompinen MPU dipastikan dalam kondisi baik. Selanjutnya lakukan pemeriksaan pada governor.

    Bagaimana memperbaikinya ?

    Nyalakan mesin generator, lalu periksa tegangan output dari governor ke aktuator, tegangan output berkisar dari 19 VDC-20VDC. Jika tegangan output governor terlalu besar atau tidak cocok maka governor perlu diganti.
  4. Jalankan Pengaturan Kecepatan pada Governor
    Salah satu penyebab kecepatan yang berlebihan pada generator adalah pengaturan governor, ketika genset over speed terjadi, turunkan pengaturan kecepatan secara bertahap, kemudian coba hidupkan kembali generator untuk mendapatkan RPM yang sesuai.

    Itulah apa yang menyebabkan generator over speed dan cara mengatasinya, bagi anda yang memiliki genset dan memiliki masalah yang sama seperti yang kami bahas pada artikel di atas anda bisa mengubungi kami untuk membantu anda menyelesaikan masalah pada genset milik anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *