APA SAJA PEYEBAB MESIN GENSET OVERHEAT

Genset saat ini telah seperti barang yang harus hukumnya dipunyai oleh setiap kantor atau pabrik-pabrik yang berguna untuk memasok energi listrik cadangan saat mati lampu. Tetapi sebagai pemilik genset, anda pun dituntut untuk selalu menjaga keadaan genset agar selalu prima. Jangan sampai saat akan dipakai pada kondisi darurat, genset tidak dapat digunakan karena mengalami kerusakan.

Salah satu hal yang membuat genset rusak adalah overheat atau kepanasan. Tidaklah heran tempat service genset pun banyak menerima kasus semacam ini. Untuk mengindar kejadian genset overheat, berikut beberapa penyebab yang dapat mengakibatkan hal tersebut :

  1. Air Radiator Habis
    Salah satunya alasan umum ialah karena air radiator pada genset sudah habis. Walau sebenarnya, saat membeli genset telah diingatkan selalu untuk memeriksa keadaan air radiatornya. Jika sudah menunjukan level rendah langsung diisi lagi air radiatornya.
    Tidak boleh terlalu lama untuk lakukan pengecekan. Karena dalam tabungan cairan ini bisa saja terjadi kebocoran hingga membuat air radiator habis dalam waktu cepat. Penyebab genset overheat ini sudah sering terjadi karena mesin bekerja tanpa radiator.
  2. Kurangnya Cairan Peluman Mesin
    Kurangnya cairan peluman atau yang membuat mesin bebas dari keausan telah umum ditemui sebagai penyebab genset yang sedang dipakai terlampau panas. Cairan pelumas berperan untuk mengurangi gesekan antar logam mesin.
    Oleh karena itu, cairan pelumas baiknya diganti secara berkala supaya tidak membuat cepat aus. Apabila aus, bisa menjadi penyebab genset overheat lebih cepat lagi. Tanpa pelumas, genset yang dihidupkan akan membuat bunyi bising.
  3. Putusnya Fan Belt
    Fan Belt atau tali kipas, tali yang menjadi penyambung putaran mesin dengan kipas di dalam radiator. Tali kipas ini berperan untuk membuat udara dalam radiator stabil dan terjaga. Namun bila tali kipas ini putus, kibas tak kan bekerja dan suhu bertambah tinggi karena fan belt sudah tidak bekerja.
  4. Sistem Pendingin Bocor
    Tak boleh meremehkan peran dari sistem pendingin, karena bila ada kerusakan sedikit saja dibagian ini, dapat langsung menjadi penyebab genset overheat. Sistem pendingin ini berperanan untuk membantu sirkulasi angin dan kinerja mesin agar prima.
  5. Tutup Radiator Genset Sudah Rusak
    Bahkan detik kecil seperti tutup radiator perlu anda perhatikan. Bila ada cacat atau kerusakan sedikit saja itu bisa menggangu suplai tekanan udara. Pada radiator ada juga titik didih yang sebaiknya tidak dimasuki angin supaya temperaturnya terjaga.

Itulah penyebab utama mesin genset dapat alami overheat. Selalu cek kondisi genset anda secara berkala agar kerusakan seperti ini tidak terjadi menimpa anda. Jika sudah terlanjur terjadi kerusakan pada genset milik anda, maka anda harus pandai memilih tempat service genset yang profesional seperti arthur teknik agar masalah bisa teratasi dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *