PENYEBAB BAHAN BAKAR BOCOR DI GENSET YANG HARUS DIHINDARI

Pada dasarnya bahan bakar yang bocor, baik itu pada genset ataupun pada kendaraan, penyebabnya berasal dari tangki itu sendiri. Hal itu karena tiap bahan bakar memang akan tersimpan dalam tangki bahan bakar, baik kerusakan dari dalam maupun dari luar tangki bahan bakar pada genset. Penyebab tangki bahan bakar genset rusak atau mengalami masalah sehingga bisa menyebabkan bocor adalah sebagai berikut :

1. Tutup Tangki Bahan Bakar Yang Tidak Menutup Rapat Atau Rusak

Tutup tangki bahan bakar berguna untuk membuat tangki bahan bakar terisi dengan bahan bakar. Jadi tanpa adanya tutup tangki bahan bakar, maka tangki bahan bakar bisa tidak terisi dengan sempurna, lalu tanpa tutup tangki bahan bakar juga dapat membuat banyak sekali objek yang bisa saja masuk ke dalam tangki, sehingga itu bisa mempengaruhi kualitas bahan bakar di dalamnya.

Kebocoran bahan bakar pada genset bisa disebabkan oleh tutup tangki bahan bakar yang mungkin saja tidak menutup rapat, sehingga itu membuat bahan bakar dalamnya memuai karena adanya celah dari tutup tangki bahan bakar yang tidak rapat. Ada kemungkinan juga tutup tangki bahan bakar tidak menutup rapat karena ia mengalami korosi, hal itu dampak dari air yang bercampur di sela-sela tutup tangki bahan bakar pada genset. Jadi dengan demikian maka akan karatan dan pastinya rusak.

2. Takaran Bahan Bakar Solar Yang Tidak Selalu Dalam Keadaan Full

Pengisian bahan bakar yang terbaik adalah dengan mengisinya secara full, berlaku untuk kendaraan maupun genset. Alasannya selain tidak cepat habis karena banyaknya takaran bahan bakar yang terisi, hal lain juga bisa membuat tangki bahan bakar tidak mudah terkena korosi. Perlu diketahui, tangki bahan bakar yang tidak pernah atau jarang sekali tidak terisi dengan penuh, maka itu akan menimbulkan reaksi korosi. Sehingga dengan begitu maka dalam tangki akan karatan, lalu karatan tersebut akan memicu lubang yang mana itu akan mudah membuat kebocoran pada tangki bahan bakar genset.

3. Tangki Bahan Bakar Yang Memang Mengalami Kerusakan

Jika ada kerusakan dari dalam tangki bahan bakar yang mengalami korosi dan mengakibatkan bocor pada bahan bakarnya, maka ada juga kebocoran yang timbul dari luar tangki bahan bakar. Contohnya seperti jika ia mengalami benturan hingga menimbulkan kerusakan pada tangki bahan bakar, atau adanya part atau komponen yang bisa membuat kerusakan pada luar dari tangki bahan bakar pada genset. Maka dari itu, saran kami tangki bahan bakar pada genset perlu dijaga agar tidak mengalami kerusakan pada bagian luarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *