GENSET UNTUK KEADAAN DARURAT

Selama beberapa bulan terakhir, BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) telah memperhatikan perubahan pola cuaca yang menyebabkan musim badai yang lebih ganas dan bergejolak. Badai dapat menghasilkan angin yang sangat kencang dan berbahaya, disertai petir, hujan es, dan banjir besar.

Pemadaman listrik sering terjadi badai melanda, dan hal ini memang sudah diperkirakan terjadi. Angin kencang dapat merobohkan tiang listrik dan menyebabkan kerusakan pada pembangkit listrik. Diperlukan waktu berminggu-minggu dan, dalam banyak kasus, berbulan-bulan sebelum personel perusahaan listrik dapat memulihkan aliran listrik sepenuhnya.

Inilah sebabnya mengapa permintaan terhadap pembangkit listrik cadangan menjadi begitu tinggi. Faktanya, pada musim badai tahun 2005, lebih banyak generator yang dibeli dibandingkan empat tahun sebelumnya. Kebutuhan akan cadangan listrik ini terlihat jelas, terutama setelah negara ini menyaksikan kehancuran yang disebabkan oleh Badai Katrina.

Karena layanan cuana memperkirakan potensi peningkatan aktivitas selama bertahun-tahun, dunia usaha dan pemilik rumah berbondong-bondong mengunjungi pengecer dan distributor generator untuk mencari sumber listrik siaga yang dapat diandalkan.

Pada tahun-tahun yang lalu, beberapa produsen generator harus mengirimkan generator tambahan untuk menyediakan pasokan yang cukup untuk memenuhi perminataan yang mereka miliki di daerah rawan badai. Banyak orang mulai membelinya di awal tahun untuk mengalahkan sebuah orang yang mengiginkannya di menit menit terakhir.

Semua orang tahu bahwa pemadaman listrik saat terjadi badai, yang berarti hilangnya air panas untuk mandi dan membersihkan rumah, tidak ada lagi lemari es yang bisa menyimpan makanan agar tidak busuk, tidak ada radio atau televisi, dan tidak ada lampu sehingga tidak bisa melihat di malam hari. Dengan Generator set (Genset) listrik dapat disalurkan kembali ke rumah dan dapat bertahan selama generator tersebut terisi bahan bakar (gas alam, solar).

Karena beberapa tahun ke depan diperkirakan akan sama bergejolaknya dengan badai tahun lalu, disarankan agar setiap orang memberli generator jauh hari sebelumnya, sehingga anda siap dan mendapat keuntungan karena listrik tetap menyala.

MEMPERSIAPKAN BADAI DENGAN GENERATOR DIESEL

Musim hujan atau badai bisa jadi sangat parah dan tidak menentu, khususnya bagi mereka yang tinggal di pantai timur Amerika Serikat. Selain kemungkinan kerusakan properti dan hilangnya nyama, pemadaman listrik juga sering terjadi. Untungnya, generator diesel baru dan bekas tersedia untuk dibeli yang setidaknya dapat meringankan beberapa ketiknyamana dan kemungkinan bahaya yang timbul karena kehilangan daya. Ada banyak keuntungan membeli generator diesel. Pertama dan terpenting, mereka tidak memiliki busi atau kabel rumit yang perlu diganti dan dirawat.

Hal ini penting dalam kaitannya dengan badai, karena jika terjadi pemadaman listrik, anda jadi tidak punya waktu untuk khawatir tentang penggantian suku cadang atau pemecahan masalah. Kelebihan lainnya dari generator diesel adalah penggunaan bahan bakarnya sekitar setengah dari generator gas, yang berarti generator tersebut akan bertahan lebih lama sementara anda perusahaan atau keluarga anda dapat memiliki tenaga kerja saat terjadi badai.

Diesel lebih aman daripada bensin dan lebih mudah disimpan. Hal ini juga lebih murah, karena bahan bakar diesel tidak terlalu berbahaya, pembakarannya lebih berih dan risiko kebakarannya lebih kecil dibandingkan gas. Meskipun gas bersifat mudah meledak, solar mudah terbakar, jadi ikuti semua tindakan pencegahan keselamatan dengan hati hati untuk mengurangi risiko kebakaran. Ada beberapa hal yang harus diperiksa setiap musim badai dengan generator diesel. Pada awal setiap musim badai, disarankan untuk mengganti filter oli generator, filter udara, dan filter bahan bakar. Ini akan memastikannya berjalan dengan lancar dan tidak menemui masalah saat digunakan.

Untungnya, anda tidak perlu berurusan dengan hal-hal seperti penyesuaian karburator, penyetelan busi, atau masalah lain yang berhubungan dengan generator bakar. Ketika tiba waktunya badai melanda pantai, pastikan anda benar-benar siap menghadapi pemadaman listrik dengan membeli generator diesel. Genset berbahan bakar solar dan gas alam (NG) menjadi favorit industri yang memiliki kebutuhan genset yang kritis. Rumah sakit dan pusat data memerlukan Uninterruptible Power Supply (UPS) sebagai bagian dari solusi daya penting mereka.

BADAI DAN PEMADAMAN LISTRIK DAN BAGAIMANA MEMPERSIAPKANNYA

Hanya ada sedikit kekuatan alam yang dapat memanfaatkan kekuatan badai. Badai biasanya menutupi daratan yang luas dan dapat membawa angin dengan kecepatan lebih dari 100 mil per jam. Banjir besar, petir, dan hujan es juga merupakan aktivitas meteorogi yang terjadi dalam badai.

Kombinasi faktir-faktor ini menyebabkan terjadinya bencana pemadaman listrik. Paling sering, tiang listrik roboh karena angin kencang. Dalam kasus lain, petir dapat menyambar trafo, sehingga listrik padam hingga berkilo-kilometer jauhnya. Dampak dari hal ini bisa sangat serius, dan seringkali perusahaan listrik memerlukan waktu yang cukup lama sebelum listrik dapat pulih sepenuhnya.

Namun, ada cara untuk bersiap jika terjadi pemadaman listrik akibat badai. Pertama dan terpenting, pastikan untuk membeli genset yang dapat menyediakan listrik cadangan. Ada baiknya juga memasang saklar pemindah otimatis, sehingga ketika terjadi pemadaman listrik, generator akan otomatis hidup dan hanya ada sedikit gangguan. Pastikan semua generator berada di tempat yang tinggi dan terlindung untuk mencegah kerusakan akibat banjir.

Jika anda merasa listrik akan padam, cobalah membuat makanan sebelum badai melanda. Sangat disarankan agar anda tidak membuka freezer atau kulkas setelah listrik padam. Jika anda harus membukanyam oerlu diingar bahwa setelah dibuka, lemari es biasanya hanya dapat menyimpan makanan dengan baik selama sekitar 4 jam lagi tanpa listrik menyala.

Ini bisa menjadi masalah keamanan pangan dan kesehatan, jadi periksalah semua makanan di lemari es sebelum memakannya setelah listrik padam. Selalu siapkan senter dan baterai baru dalam jumlah banyak, sehingga anda dan keluarga dapat dengan mudah melihat kapan anda perlu bernavigasi diseluruh rumah, atau bahkan di luar. Sangat disarankan agar anda tidak menggunakan lilin karena dapat mencegah bahaya kebakaran yang serius. Bagi mereka yang perlu meminum obat resep, pastikan obat tersebut dekat dan siap untuk diberikan sebelum listrik padam, jika tidak, anda mungkin akan mencari dalam kegelapan. Dengan sedikit persiapan, anda bisa melewati musim badai dengan aman dan siap menghadapi tantangan yang menyertainya.

HARUS MEMILIKI DAYA LISTRIK CADANGAN SETELAH BADAI

Ketika terjadi bencana alam seperti angin topan, cadangan listrik merupakan kebutuhan yang mutlak. Kemudian badai melanda, kerusakan pada saluran listrik bisa sangat parah, sehingga memerlukan waktu berbulan-bulan sebelum listrik pulih sepenuhnya. Itu sebabnya memiliki rencana daya cadangan adalah suatu keharusan.

Saat listrik padam, tidak ada lagi sumber air panas apapun. Pada malam hari, lilin dan senter harus digunakan agar dapat melihat, bukan penerangan listrik. Radio hanya akan ditenagai oleh baterai, yang biasanya tidak bertahan lama. Mungkin yang paling penting, layanan telepon bisa mati, dan jika anda memiliki telepon nirkabel, ketika listrik padam maka telepon juga akan hilang. Jika terjadi keadaan darurat dan panggilan ke 911 diperlukan, aliran listrik ke rumah sangatlah penting.

Meskipun memiliki listrik cadangan merupakan kebutuhan yang pasti pada musim badai, sangat penting untuk mengingat beberapa pedoman keselamatan. Jangan pernah menggunakan generator anda di dalam ruangan. Hal ini dapat menyebabkan kebocoran gas mematikan yang dapat menyebabkan kematian dalam hitungan menit. Selalu pastikan untuk mengoperasikan generator listrik cadangan anda di luar. Jika anda takut seseorang mencoba mencurinya, amankan dengan erat di luar. Selain rumah anda sendiri, daya cadangan juga penting untuk sistem perbankan dan rumah sakit.

Hilangnya data dapat menyebabkan kekacauan dan masalah yang parah bagi warga di wilayah yang sangat luas. Badai katrina adalah contoh utama ketika bank harus beralih ke sumber listrik cadangan untuk memelihat database mereka. Toko ritel juga juga dapat terkena dampaknya dan terminal kartu kredit tidak akan berfungsi tanpa listrik. Rumah sakit harus memiliki listrik cadangan jika terjadi badai, sehingga pasien dapat tetap menggunakan mesin penyelamat jiwa. Saat badai melanda, pentingnya pasokan listrik cadangan tidak bisa disepelekan. Hal ini dapat menyelamatkan nyawa dan membuat penangan bencana semacam ini menjadi lebih dapat ditanggung.

BENCANA MENYEBABKAN BISNIS BERESIKO

Terkadang alam memberikan dampak buruk pada kita dengan cara yang kejam dan tidak dapat diprediksi sebagai perusahaan atau pemilik bisnis, penting untuk mengembangkan rencana respons bisnis untuk melindungi anda, karyawan anda, dan tentu saja, bisnis anda. Membuat rencana bencana yang terperinci sejak dini adalah cara terbaik untuk memastikan bahwa risiko diminimalkan.

Rencana ini harus dipikirkan secara menyeluruh dan disetujui oleh mereka yang bertanggung jawab. Setelah ini selesai, informasi tersebut harus diteruskan ke seluruh karyawan. Selain itu, latihan dan praktik tanggap darurat harus dilaksanakan sehingga semua orang mengetahui rencana tersebut. Selain itu, latihan dan praktik tanggap darurat harus dilaksanakan sehingga semua orang mengetahui rencana tersebut. Selain memberi tau karyawan anda tentang rencana respons, tindakan nyata lainnya harus dilakukan, seperti mendapatkan generator listrik jika terjadi pemadaman listrik. Hal ini benar benar dapat mengurangi kekacauan dan ketakutan di tempat kerja, serta membantu menjaga produktivitas.

Hal penting yang perlu diingat ketika mengembangkan rencana respons bisnis adalah mendelegasikan tanggung jawab terlebih dahulu kepada berbagai karyawan. Misalnya, berikan tugas tertentu seperti memberikan makanan darutat kepada satu orang tertentu, sehingga ketika terjadi bencana, semua orang tau bahwa “John” bertaggung jawab atas makanan tersebut dan siap mengurus aspek tersebut. Hal ini meminimalkan kebingungan dan membuat operasi berjalan lebih efesien jika terjadi keadaan darurat.

Jika bisnis perlu dihentikan sementara, jelaskan kepada semua orang mengenai prosedur yang tepat sebelum peristiwa tersebut terjadi. Pemimpin dan tim garus ditujuk jika anda memiliki jumlah karyawan yang lebih banyak, Sehingga semua orang tetap tenang dan terorganisir. Standar OSHA harus ditelitu dan selalu diperbarui untuk menghindari cidera. Ketika rencana respons bisnis telah diperiksa dan dipraktikkan secara menyeluruh, kemungkinan terjadinya masalah yang tidak terduga akan menjadi minimal atau bahkan tidak ada sama sekali.

MENYIAPKAN GENSET KETIKA TERJADI GEMPA

Gempa bumi dapat terjadi tanpa pemberitahuan sebelumnya, menjadikannya salah satu bencana alam paling berbahaya di dunia. Tingkat kerusakan yang berbeda-beda terhadap bangunan, kendaraan, dan properti lainnta dapat terjadi, dan sering kali hal ini dapat menghancurkan seluruh komunitas, dengan dampak yang dapat berlangsung hingga bertahun-tahun. Jika anda tinggal di daerah rawan gempa bumi, anda pasti tau pentingnya mempersiapkan diri sebaik mungkin jika terjadi gempa bumi. Karena dampaknya yang besar, gempa bumi dapat merobohkan tiang-tiang listrik dalam hitungan detik.

Hal ini dapat menyebabkan seluruh blok kota dan daerah pinggan kota mati listrik selama beberapa hari atau lebih. Memiliki generator diesel dapat membantu menyediakan sumber listrik cadangan yang dapat meringankan penderitaan akibat pemadaman listrik. Keuntungan besar dari generator diesel adalah lebih aman dibandingkan generator gas dan tidak mudah meledak seperti generator gas. Hal ini bisa menjadi sangat penting ketika terjadi gempa bumi, karena gempa susulan dan getaran kecil dapat terjadi setelah gempa awal, sehingga generator gas lebih berisiko meledak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *